Monday, January 4, 2010

Nilai Sebuah Kejujuran

Share
Sejajar dengan pengertian “jujur” yang memiliki erti : tidak bohong; lurus hati; dapat dipercaya kata-katanya; tidak khianat.

Sedangkan kata “bohong” yang memiliki arti : tidak sesuai dengan bukti dan kebenaran; tidak sesuai dengan kenyataan; dusta. Sedangkan kata “dusta” sendiri memiliki arti : bohong dan ingkar.

Sesuai kitab suci al Qur’an pengertian “jujur” terkandung dalam surat 5 ayat 8 :
“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Sedangkan kata “dusta/ bohong” dalam al Qur’an terkandung dalam surat 16 ayat 116 :
“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "ini halal dan ini haram," untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung”.
Dari definisi diatas, maka pengertian jujur/ kejujuran akan tercermin dalam perilaku yang diikuti dengan hati yang lurus (ikhlas), berbicara sesuai kenyataan, berbuat sesuai bukti dan kebenaran.

Berbicara sesuai kenyataan dan berbuat sesuai bukti & kebenaran dapat dibuktikan dan dapat dilihat oleh mata. Berperilaku dengan hati yang lurus siapa yang tahu?. Ada.
Ada, yaitu sesuai peringatan Allah Swt yang terkandung dalam al Qur’an surat 29 ayat 3 dengan firmannya :
“Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”


Proses Belajar Kebohongan

Proses belajar bohong adalah sangat mudah. Bohong sekali akan ditutupi dengan bohong tingkat kedua. Bohong tingkat kedua akan ditutupi dengan bohong tingkat ketiga, demikian seterusnya.
Kenapa mudah melakukan kebohongan. Karena dalam hidup dan kehidupan ini banyak aturan yang harus dipatuhi. Terhadap aturan yang dilanggar, dibutuhkan alasan untuk pembenaran.

Alasan pembenaran yang paling mudah adalah kebohongan.
Karena setiap hari belajar bohong dan berbohong maka makin tua seseorang makin padai dan lihai berbohong.

Nilai Kejujuran (amanah)
Nilai kejujuran merupakan satu dari 5 nilai moral Islam. Nilai moral Islam meliputi :

Nilai Pembebasan
Nilai Keluarga
Nilai Kemanusiaan
Nilai Keadilan
Nilai Kejujuran

Nilai kejujuran dalam moral islam meliputi :
Penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat,
· dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa.

Kesimpulan
1. Kejujuran adalah landasan dan dasar dari perilaku manusia yang baik

2. Kejujuran dan kebohongan pasti menuai hasilnya

3. Berbuat dan bekerja dengan hati yang lurus akan memenuhi nilai kejujuran

2 comments:

♥ Cinta Najihah ♥ said...

kalau lah semua orang paham pemaksud kejujuran mst berkurang rase benci,,,

SyaffeQ said...

Betul apa yg Najihah ckap,rasa hasad dengki pn trut sma berkurng.. =)